Selasa, 04 November 2008

Perbedaan WI-FI (802.11) & WIMAX (802.16)

WIFI 802.11

Singkatan Wireless Fidelity, istilah untuk teknologi Wireless berbasis standar 802.11.        
- 802.11 adalah spesifikasi standar yang dibangun oleh IEEE untuk mendefinisikan teknologi wireless LAN dan disetujui pada 1997. 
- WLAN akronim Wireless Local Area Network. Sebuah jaringan lokal yang menggunakan   frekuensi radio sangat tinggi untuk mentransmisikan data antar titik, menggantikan fungsi kabel pada jaringan konvensional.

WiFi menggunakan standar komunikasi IEEE 802.11b dengan kecepatan 11 Mbps, hanya

mencapai cakupan area tidak lebih dari ratusan meter saja.

802.11 adalah standar IEEE untuk W-LAN indoor

Keuntungan Wifi

- Keuntungan dari sistem WIFI adalah pemakai tidak dibatasi ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI. Untuk jarak pada sistem WIFI mampu menjangkau area 100feet atau 30M radius.

- 802.11 sudah sangat murah perangkatnya, dibanding 802.16 yang masih bekerja di atas 3GHz


WIMAX (802.16)

- Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) merupakan standar industri yang bertugas menginterkoneksikan berbagai standar teknis yang bersifat global menjadi satu kesatuan 
- Teknologi WiMAX lebih murah dibandingkan dengan teknologi broadband lain seperti digital subscriber line (DSL) atau kabel modem 
- 802.16 untuk standar WLAN outdoor
- WiMAX merupakan saluran komunikasi radio yang memungkinkan terjadinya jalur internet dua arah dari jarak puluhan kilometer. Dengan memanfaatkan gelombang radio, teknologi ini bisa dipakai dengan frekuensi berbeda, sesuai dengan kondisi dan peraturan pemakaian frekuensi di negara user.
- Pada awalnya standard IEEE 802.16 beroperasi ada frekuensi 10-66 GHz dan memerlukan tower line of sight, tetapi pengembangan IEEE 802.16a yang disahkan pada bulan Maret 2004,menggunakan frekuensi yang lebih rendah yaitu sebesar 2-11 GHz, sehingga mudah diatur dan tidak memerlukan line-of-sight. Cakupan area yang dapat dicoverage sekitar 50 km dan kecepatan transfer data sebesar 70 Mbps.

Keuntungan WiMAX

- Operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat, karena kemampuan WIMAX dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan dengan kompatibilitas yang lebih tinggi.
- Pengguna akhir akan mendapatkan banyak pilihan dalam berinternet.WiMAX merupakan salah satu teknologi yang dapat memudahkan kita untuk koneksi dengan internet secara mudah dan berkualitas.
- Dari segi coverage-nya saja yang mencapai 50 kilometer maksimal, WiMAX sudah         memberikan kontribusi yang sangat besar bagi keberadaan wireless MAN. 
- Dapat melayani para subscriber, baik yang berada pada posisi line of sight (LOS) maupun yang    memungkinkan untuk tidak line of sight (NLOS)

Selengkapnya dapat di download disini



1 komentar:

damdam mengatakan...

makasih dah infonya....

Wifi Dan Wimax